Permainan Congklak




Zaman kanak-kanak adalah zaman penuh kegembiraan seolah-olah hidup tanpa beban. Jujur saja, admin rindu masa kanak-kanak. Banyak permainan yang bisa dilakukan tak terkecuali Congklak atau lumbung walaupun permainan ini umumnya untuk perempuan tapi tidak bersalah jika admin ikut mencoba permainan ini. Biasanya admin melakukan permainan sederhana ini setelah pulang sekolah bersama teman-teman

. Di zaman modernisasi seperti sekarang ini, permainan congklak atau lumbung sudah mulai jarang digemari atau bahkan sudah terlupakan. Anak-anak zaman sekarang lebih suka bermain game di HP, internet dan sejenisnya ketimbang bermain secara langsung. Padahal permainan tradisional lebih mengena dari segi manfaatnya ketimbang bermain game di HP atau play station..

Ingin tahu bagaimana bermain congklak? dan aja manfaat dari bermain congklak? Berikut penjelasan yang disampaikan oleh  "Husnul khotimah" warga Lingkungan Keserangan Lama Rawaarum Gerogol Kota Cilegon. 

-          This is a Simple Game

Husnul sedang bermain congklak
" Banyak permainan tradisional yang saya lakukan pada masa kanak-kanak, termasuk bermain congklak atau lumbung. Congklak merupakan permainan sederhana yang biasanya dilakukan oleh dua orang secara berhadapan. Permainan ini biasanya dilakukan oleh kaum wanita disetiap teras-teras rumah atau gubuk didekat sawah. Permainan congklak ini dilengkapi dengan 16 lubang yang terdiri dari 14 lubang kecil yang saling berhadapan dan 2 lubang besar di sisi kanan kirinya, atau biasa disebut lumbung. Sebelum memulai permainan, dua orang pemain harus mengisi 7 buah biji dalam setiap lubangnya, kecuali dalam 2 lubang yang besar.

Untuk memulai permainan, kedua pemain memulainya dengan menebarkan biji-biji dalam setiap lubang yang berada di sebelah kanannya. Pemain dapat mengisi lumbungnya sendiri yang berada tepat di sisi kanannya. Jika pemain menaruh biji terakhir di lubang kecil di sisinya, maka ia berhenti dan mengambil seluruh biji di hadapannya, atau biasa disebut nombok. 

Bila biji terakhir habis di lubang kecil yang berisi biji lain, pemain dapat mengambil biji tersebut dan dapat meneruskan untuk mengisi setiap lubangnya. Bila biji habis di lubang besar (lumbung) miliknya, maka ia dapat melanjutkan dengan memilih lubang kecil di sisinya. Jika pemain berhenti di lubang yang kosong di sisi kanan, maka ia berhenti dan tidak mendapatkan biji. Permainan ini dilakukan secara bergantian. 

Permainan dianggap selesai jika biji disetiap lubang sudah habis tidak tersisa.  Bagi pemain yang paling banyak mengumpulkan atau menyimpan biji, maka dialah pemenangnya. Jika permainan dilakukan pada tahap kedua atau tahap selanjutnya, biasanya pemain yang kalah akan mendapatkan lubang kecil yang kosong atau biasa disebut kiceng". 

-          Manfaat Bermain Congklak

Banyak manfaat yang dapat kita ambil dari permainan sederhana ini, diantaranya sebagai berikut:
  1. Menumbuhkan rasa kekerabatan
  2. Belajar untuk bersikap sportif / jujur
  3. Melatih ketelitian dan kecermatan 
  4. Dapat menghilangkan kejenuhan
  5. Bermain sepuasnya tanpa dikenakan biaya, he..

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Permainan Congklak"

Terima Kasih Sudah Membaca Artikel di Website www.cilegonpedia.com, Silahkan Tinggalkan Komentar