Latar Belakang Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Cilegon

Sobat Cilegonpedia, tahukah Sobat apa itu BLH? Sejarahnya berdirinya BLH di Kota Cilegon? Visi misi dan Program Kerjanya?. Postingan ini semoga bisa menjawab pertanyaan diatas.

A.    Latar Belakang BLH

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Cilegon merupakan Lembaga Teknis  Daerah sebagai salah satu pendukung Walikota di Bidang Lingkungan Hidup yang berstatus sebagai perangkat Daerah, mempunyai tugas pokok membantu Walikota dalam mermuskan kebijakan dibidang pemantauan pemulihan dan pengendalian lingkungan hidup di Daerah.

Tugas Pokok dan Fungsi BLH bekerja berdasarkan Peraturan Daerah Kota Cilegon Nomor 6 Tahun 2008 tentang pembentukan Organisasi lembaga Teknis Daerah Kota Cilegon ditindaklanjuti dengan peraturan Walikota Nomor 31 Tahun 2008 Tentang Organisasi dan Tata Kerja BLH Kota Cilegon  

B.    Sejarah BLH

Sejak Berdirinya Kota Cilegon Tahun 1999 berpisah dari kabupaten Serang berdasarkan UU Nomor 15 Tahun 1999 tentang pembentukan Kota Madya Depok dan Kota Madya Cilegon. Kota Cilegon sudah 4 kali membentuk Badan Lingkungan Hidup (BLH) yang mengalami perubahan Struktur organisasi sebagai berikut :
Landmark Cilegon

1.    Tahun 1999-2000        : 
Bernama BAPEDALDA berdasarkan keputusan Walikotamadya Tk II Cilegon nomor 13 tahun 1999 tentang organisasi dan tata kerja Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah                     
                   
2.    Tahun 2000-2003        : 
Bernama DPLH berdasarkan Perda nomor 27 tahun 2000 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup
                 
3.    Tahun 2003-2008        : 
Bernama DLHPE berdasarkan Perda nomor 21 tahun 2003 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Lingkungan Hidup, Pertambangan dan Energi Kota Cilegon

4.    Tahun 2008-sekarang   : 
Bernama BLH berdasarkan Perda nomor 6 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja  Badan Lingkungan Hidup Kota Cilegon.

Demikian latar belakang Badan Lingkungan Hidup  Kota Cilegon, semoga dapat menambah wawasan kita tentang Badan atau lembaga pemerintahan yang ada di Cilegon khususnya tentang BLH.


Sumber: www.blh.cilegon.go.id


Subscribe to receive free email updates: