Fungsi dan Tujuan Takmir Masjid Agung Nurul Ikhlas

Masjid Agung Cilegon (Nurul Ikhlas)
Sobat Cilegonpedia disore  ini semoga tugas-tugas Sobat terlaksana dengan baik walaupun cuaca sedikit gelap karna memang sedang musim hujan. Melanjutkan tulisan sebelumnya Sejarah Masjid Agung Nurul Ikhlas berikut adalah Fungsi dan Tujuan Takmir Masjid Agung Nurul Ikhlas untuk menambah wawasan kita tentang Masjid yang menjadi kebanggaan kita sebagai orang Cilegon ini.   

Fungsi dan Tujuan Takmir Masjid Agung Nurul Ikhlas


Fungsi DKM / Takmir
DKM / Takmir ini berfungsi sebagai wahana pelayanan umat dalam bidang peribadatan, dakwah, pendidikan dan pengajaran Al-Qur’an.

Tujuan
Tujuan Masjid Agung Nurul Ikhlas adalah “ Menjadikan Masjid Agung Nurul Ikhlas sebagai pusat pembinaan umat, dakwah dan budaya Islam menuju masyarakat yang ramah, berilmu, beramal dan bertaqwa demi kejayaan Islam dan kaum muslimin “.

Usaha
Dalam upaya memenuhi fungsi dan tujuan DKM/Takmir mengadakan usaha-usaha sesuai dengan tujuan sebagai berikut :
1. All-amru bi al-ma’ruf wa al-nahyu’an al-munkar yakni mendorong kebaikan dan mecegah kemunkaran berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Sunnah Rasullah SAW dengan cara yang lebih bijak (al-Hikmah), nasehat yang santun (al-Mau’izhah al-Hasanah), dialog yang lebih beradap (al-Jadalbi al-Ahsan)
2. Al-Tathwir wa aal-Tatsqif yakni memberikan pencerahan dan pemberdayaan kepada umat Islam melalui program pendidikan, pelatihan, pengajian, khutbah dan kajian ilmiah.
3. Al-Khidmah wa al-Amn yakni memberikan pelayanan dan ketentraman kepada umat Islam dalam mengatasi berbagai persoalan hidup dan kehidupan mereka, sehingga dapat beribadah dan menjalankan ajaran Islam sesuai dengan tuntunan syari’ah.
4. Al-Ri’ayah yakni meningkatkan mutu pemeliharaan dan pengawalan terhadap aqidah umat Islam dari bahaya pemurtadan, aliran – aliran yang bertentangan dengan nilai – nilai Al-Qur’an dan Al-Sunnah.  

Demikian penjelasan mengenai Fungsi dan Tujuan Takmir Masjid Agung Nurul Ikhlas serta usaha-usaha yang dilakukan oleh DKM / Takmi untuk mencapai fungsi dan tujuan tersebut. Semoga bermanfaat.

Sumber: www.masjidnurulikhlas.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates: