Program Kegiatan Masjid Agung Nurul Ikhlas

Masjid Agung Nurul Ikhlas Cilegon
Sobat Cilegonpedia, berikut kami sampaikan informasi terkait Program Kegiatan Masjid Agung Nurul Ikhlas.
Program kegiatan Masjid merupakan penjabaran secara teknis dalam upaya merealisasi peran dan fungsi Masjid sekaligus sebagai upaya mencapai tujuan dari keberadaan Masjid. 
Adapun klasifikasi program kegiatan sebagai berikut :

A. Bidang Ubudiyah
Yang dimaksud dengan kegiatan Ubudiyah adalah pelaksanaan program kegiatan Masjid dalam bidang Peribadatan yang bersifat khusus seperti :
  1. Pelaksanaan sholat lima waktu (menentukan atau menetapkan muadzin dan Imam)
  2. Sholat jum’at (menentukan khotib dan Imam). 
  3. Sholat tarawih dan witir (menetapkan Imamnya serta menyiapkan ceramah Ramadhan dengan menentukan topik – topik dan penceramahnya).
  4. Sholat dua hari raya (pemotongan hewan qurban, menyelenggarakan bimbangan manasik haji dan umroh serta perjalanan ketanah suci).
  5. Menyelenggarakan sholat – sholat sunnah yang biasa dilakukan secara insidental pada waktu – waktu tertentu.

B. Bidang Pendidikan
Program bidang pendidikan adalah merupakan upaya untuk membentuk umat Islam yang memenuhi Islam secara Syamil (menyeluruh) dan Khamil (sempurna), memiliki wawasan keislaman dan pengetahuan yang luas dan konsisten dalam mengamalkan atau memanfaatkannya untuk kebaikan dan kebenaran, program bidang pendidikan yang diselenggarakan antara lain :
  1. Kegiatan pengajian, baik untuk anak-anak, remaja, pemuda, orang dewasa dan orang tua.
  2. Memiliki lembaga pendidikan.
  3. Memiliki lembaga ekonomi umat, seperti : Baitul Mal, Koperasi, dll
  4. Perpustakaan masjid.
  5. Kegiatan kaderisasi ( diklat ).
  6. Kegiatan seminar, lokakarya, talk show, dll
  7. Kegiatan hari besar Islam, hari besar nasional

C. Bidang Pelayanan
Masjid yang baik adalah Masjid yang tidak hanya menuntut jamaahnya berbuat dan berpartisipasi untuk Masjid, tetapi Masjid juga harus berupaya agar masyarakat yang menjadi jamaahnya mendapatkan sesuatu manfaat dari masjid. Oleh karena itu Masjid harus mengembangkan program pelayanan kepada jamaahnya, seperti :
  1. Bimbingan dan penyuluhan dengan pendekatan nilai – nilai Islami dalam memecahkan problematika yang dihadapi jamaah.
  2. Layanan kesehatan, baik berupa bimbangan atau konsultasiakan pentingnya hidup sehat maupun pemeriksaan kesehatan, hal ini dilakukan oleh Praktek dokter di Poliklinik Masjid.
  3. Mengurus Jenazah, baik menyediakan tempat pemandian, keranda, ambulance, kain kafan dan segala perlengkapan serta petugas yang mengurus memandikan dan melaksanakan sholat jenazah dan menguburkannya.
  4. Santunan social dalam upaya mengurangi atau mengatasi beban hidup yang besar dari jamaahnya.

D. Bidang Usaha dan Dana
Pengelolaan kemakmuran masjid secara baik tentu saja memerlukan dana yang besar , sementara operasional masjid baik untuk perawatan bangunan, honor pelaksana harian maupun aktifitasnya sangat besar. Karena itu pengurus masjid perlu mengupayakan usaha dana guna menopang seluruh kegiatan masjid, diantaranya :
  1. Mengupayakan adanya donator tetap.
  2. Menghimpun ZIS (zakat infak shodaqoh) secara kontinyu tidak hanya bulan Ramadhan saja (zakat fitrah) akan tetapi juga penghimpunan setiap bulannya (zakat maal). 
  3. Baitul mal yang menggunakan system syariah islam guna menghimpun dana umat dan mengembangkannya guna kepentingan umat.
  4. Penyewaan ruang aula/ serba guna serta fasilitasnya untuk berbagai aktifitas, seperti : seminar, walimah, dsb.
  5. Membuka minimarket/ koperasi masjid yang menjual rumah tangga muslim sehingga jamaah tidak lagi berbelanja ke supermarket yang kebanyakan milik orang non muslim.
  6. Penyewaan inventaris masjid seperti : sound system, kursi, dll


E. Bidang Fisik dan Sarana
Pengelolaan fisik Masjid dengan kelengkapan sarana masjid tentu saja memerlukan perhatian dan penangan yang serius, seperti :
  1. Penataan ruang masjid yang sesuai dengan kebutuhan pengurus dan jamaahnya.
  2. Kebersihan yang harus tetap terpelihara, baik didalam maupun luar masjid.
  3. Sound system yang baik.
  4. Penggantian alat – alat yang telah rusak
Demikian beberapa Program Kegiatan Masjid Agung Nurul Ikhlas yang bisa kami bagikan kepada Sobat, semoga bisa menambah pengetahuan kita tentang masjid agung cilegon.

Sumber:www.masjidnurulikhlas.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates: