Sejarah Pendirian Islamic Center Cilegon

Sejarah Pendirian Islamic Center Cilegon
Gedung Islamic Center Cilegon
Sobat Cilegonpedia, setelah membahas tentang Masjid Agung Nurul Ikhlas selanjutnya kami akan berbagi informasi tentang Sejarah Pendirian Islamic Center Cilegon. Islamic Center sendiri lokasinya berdekatan dengan Masjid Agung dan sebelahnya lagi stasiun Kereta Api.

Seirama dengan derap perkembangan Kota Cilegon yang sangat pesat sebagai refleksi dari pada usaha pembangunan daerah serta dampak kebijakan Walikota Cilegon, maka Kota Cilegon berada pada tempat tersendiri. Keadaan ini mendorong bangkitnya kesadaran akan adanya suatu karya ummat yang bersifat monumental. Masyarakat Cilegon pada umunya menyadari, bahwa ummat islam di Kota Cilegon merupakan mayoritas mutlak yang populasinya mencapai lebih dari 95 % beragama Islam.

Pembangunan Masjid Agung Nurul Ikhlas yang dilaksanakan dari tahun 2006 sampai dengan tahun 2008 dan Peresmiannya dihadiri oleh Menteri Agama Republik Indonesia waktu itu H. Maftuh Basuni , muncul gagasan cemerlang dari Bapak H. Tb. Aat Syafa’at, S.Sos. M.Si (Walikota Cilegon waktu itu) untuk mendirikan Islamic Center Cilegon, beliau mengatakan kepada masyarakat kurang lebih sebagai berikut : “ Saudara–saudara kaum muslimin, kita belum mempunyai sesuatu yang seperti Islamic Centre. mumpung saya jadi Walikota, saya mengajak kepada seluruh masyarakat muslim bersama-sama Pemerintah Kota Cilegon mari kita coba dipikirkan bagaimana cara mewujudkannya ”. 

Setelah ide itu dikemukakan pada tahap berikutnya diadakanlah berbagai dialog panjang diberbagai forum kemasyarakatan di Cilegon. Gagasan ini lalu berkembang luas karena selalu dibahas didalam setiap kesempatan pertemuan antara ulama dan umaro yang rutin diselenggarakan oleh Walikota Cilegon. Ibarat bola salju, gagasan mendirikan Islamic Centre Cilegon terus bergulir dan semakin besar.

Alhasil banyak pihak merespon positif ide mulia ini. Pihak-pihak yang menyambut baik ide pendirian Islamic center ini, datang dari para anggota DPRD, kalangan tokoh masyarakat, Alim Ulama, pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Cilegon, Forum Komunikasi Majelis Ta’lim (FKMT) Kota Cilegon dan Persaudaraan Haji Cilegon dan masyarakat lainnya.

Sambutan positif rencana pembangunan Islamic center yang datang dari berbagai pihak ini tentu saja lebih dari cukup untuk disebut “mewakili” aspirasi masyarakat muslim Kota Cilegon. Maka tahap selanjutnya adalah langkah-langkah menuju realisasi gagasan tersebut.

Artikel terkait:
Latar Belakang dan Tujuan Islamic Center Cilegon
Visi dan Misi Islamic Center Cilegon

Berdasarkan hasil musyawarah maka ditetapkan Panitia Pembangunan Islamic Centre dengan melanjutkan kepantiaan Pembangunan Masjid Agung Nurul Ikhlas Cilegon . Islamic Center Cilegon merupakan pusat peradaban Islam di Kota Cilegon yang lahir dari dan untuk masyarakat muslim khususnya yang berdomisili di Kota Cilegon.

Sekarang (akhir tahun 2015) pembangunan Islamic Center sudah hampir rampung, semoga saja bisa lebih cepat diselesaikan agar masyarakat cilegon bisa mendapatkan manfaat atas keberadaan Islamic Center tersebut.

Demikian Sejarah Pendirian Islamic Center Cilegon yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat.

Sumber: masjidnurulikhlas.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates: